Agnes monica…..dan identitas diri???

Posted: 25 Agustus, 2008 in Red Zone
Tag:

menyimak mantan artis cilik yang kini udah dinobatkan sebagai “Diva indonesia” di usia yang relatif muda, memang penuh kontradiksi dan menarik….

well… sebenarnya gua nggak jealous..atawa dengki ma kiprah dia yang melesat…

juga bukan dikarenakan gue nggak suka ma ketenaran dia yang “melangit”

dulu….

gue salut ma dia

salut mna “optimisme dia buat merambah” negeri luar

salut ma ketekunan dan kerja keras dia dalam meraih mimpinya menajdi seorang supertar

salut ma komitmen dia ma pendidikan dia ( meski terkenal, dia tetap memperhatikan kuliah, supaya bisa balance antara pendidikan dan karier, doi cuman ambil paling banyak 6 SKS, tapi IP tetap 4″

gue juga salut ma kecerdasan doi yang tercermin lewat statement doi via infotainment

sungguh gue salut…………….

tapi… itu dulu….

sekarang… setelah dia ketahuan sempet jalan ma “dirly indonesia idol”

setelah gue tau bahwa pendidikan nggak lagi urgent buat dia, bahkan doi rela buat cuti akademik

setelah gua liat jiplakan klip “moulin rouge’ dalam klip terbarunya ‘godai aku lagi”

gue sadar… doi cuman OMDO (omong doank)

karya2 doi yang dikatain membawa ide segar buat industri musik tanah air nggak lebih dari hasil contek abis budaya barat….

statement doi tentang tak ingin punya pacar “yang kurang dibandingin dia” cuman isapan jempol doanK

agnes monica bukanlah seorang multitalenta, doi nggak lebih dari plagiator ulung, liat aja musik, style, performa panggung, bahkan aktingnya semua “nyontek”

gue juga nggak setuju ma statement dia yang bilang “kalo nggak mau dibilang kebrat-baratan, ya.. pakai aja kebaya tiap hari, kalo nggak mau niru orang barat jangan pakai jins, kemeja dan produk barat laiinya”…

sungguh westernisasi bukan hanya menggunakan produk barat doank, tapi juga sikap hidup dan pola pikir…

coba bandingkan dengan seorang BoA… dia tetap jadi DiVA pop Korea, bahkan dia menjadi ikon Kore karena komitnya dia terhadap kebudayaan korea, dia tetap melek “musik dan life style barat” tapi dia tetap lupa ‘korea”,.. nuansa korea tetap hadir  dalam warna musik dan busana dia.

bandingkan dengan agnes monica………

sungguh ada satu pertanyaan yang sebenarnya nggak cuman gue tujukan buat agnes tapi juga kita semua

“apakah untuk meraih mimpi dan menjadi terkenal di dunia .. harus merubah jati diri kita”

apakah bagi seorang selebritis, untuk maraih mimpi di dunia luar harus menjadi seorang Anggun C.P yang tidak hanya merubah gaya hidup dan pola pikir tapi juga merubah identitas kewarganegaraan.

apakah memang ini pola pikir dinegeri ini. begitu kerdilnyakah  “indonesia” sehingga jika ada embel2 indonesia maka kita akan terpuruk, kalah tanding, dan tak punya harga jika dibandingkan kebudayaan barat  yang begitu “megah dan menyilaukan”???

Komentar
  1. hanggadamai mengatakan:

    banyak menyontek dr budaya barat memang g bagus :(

  2. kusnan mengatakan:

    analisa yang menarik….salut…

  3. reii-chan mengatakan:

    loe udah liat belom dia di Asia Song Festival.
    dia dipuji abis-abisan.
    disamain sama lee hyo ri lagi
    walaupun dia manggung di korea dia masih ngemix dance nya
    sama tarian bali.
    dia gak malu jadi orang Indonesia.
    and hasilnya memuaskan banget.
    check this url.
    http://www.asianbite.com/default.asp?display=2040

    • ikomang putra mengatakan:

      gue stuju ma lo…yg nulis tu bisanya nyari kelemahan orang tanpa melihat yg lain..buktinya dia sampai juara 2 x di afs…

      • oppie mengatakan:

        gue setuju ma lo
        dia pernah tampil di sctv
        bawain tarian khas aceh
        keren abis
        itu tandanya dia bangga sama indonesia
        kostum yg dipake di acara korea juga indonesia banget ..

  4. blackisred mengatakan:

    wah… lama nggak mamp[ir ke blog….
    ternyata cukup banyak koment yang masuk :)

    thanx ya….

    buat reii-chan, untuk agnes, kita punya penilaian masing2, dan apa yang gua tulis, itulah gambaran dia buat gua :)

  5. Reda mengatakan:

    eh.. sori, kayaknya lo salah ketik tuh..

    ia tetap jadi DiVA pop Korea, bahkan dia menjadi ikon Kore karena komitnya dia terhadap kebudayaan korea, dia tetap melek “musik dan life style barat” tapi dia tetap lupa ‘korea”,.. nuansa korea tetap hadir dalam warna musik dan busana dia.

    Maksudnya ini kali.. dia tetep ingat KOrea..

    Tapi ya.. menurut gw Agnes malah sama sekali nggak lupa Indonesia. Dia justru pengen bawa nama Indonesia ke luar negeri, apalagi kemaren di Asia Song Festival 2008 dia menyatukan tari bali sama tari western. Coba deh cek di Youtube.. Judul lagunya “Shake it Off”. Yang HQ version lebih jelas dan di sana Agnes nari bali digabung western dan hasilnya sumpah keren abis!

    Wah.. gue sebenernya nggak mau komen tentang v-klip.. cuma pandangan gw gini sih.. V-klip itu keren karena : Yang garap bener-bener niat bikin v-klip bkualitas. Semuanya dipersiapin dgn baik. Justru itu malah jadi awal bagi musisi indo biar bisa membuat sesuatu dengan total. Coba liat v-klip lain, yang setau gw belum ada yang seniat itu.. Kalo masalah nyontek barat.. bukannya kiblat permusikan dunia itu ada di barat ya? Panutannya itu kan western, so susah bgt lo bakal nemu v-klip yang pure dari negara lo sendiri. Sebenernya yang gw liat dari usahanya, karena bikin kayak gitu nggak gampang..

    Tapi masalah BoA, gw stuju, karena dia emang keren n masih ke-korea-korea-an.. :D

    Cuma tulisan lo bagus kok, mudah-mudahan bisa macu Agnes supaya lebih bisa mengangkat nama Indonesia dan merubah diri Agnes sendiri. n percaya deh, tarian bali dia di Shake it Off itu keren banget! Dan bisa jadi itu awal dari AGnes untuk melek budaya Indo sendiri. :)

  6. someone mengatakan:

    @blackisred
    gw tau koq ngasi pendapat seperti itu hak loe. Tp apa loe gak melihat dan menghargai usaha org? plg gak even loe blg agnes nyontek apabisa loe nyontek sampe kyk gt? Gw rasa gak, loe kira “nyontek” nya agnes sama dgn nyonteknya anak2 jaman sekolahan? Tentu beda bung.. Nyontek dlm hal ini gw rasa lebih cocok disebut inspired, agnes mendapatkan smuanya itu jg penuh dgn kerja keras gak hanya asal jiplak kyk nyontek yg loe sebutin. Dia latihan tiap hari, gerakan, suara, sampe dy rela ngorbanin bnyk waktunya untuk smua itu. Apa loe bisa seperti dy? Klo loe bisa lebih hebat dari dy baru deh gw terima komentar loe ke dy, skrg jdnya sapa yg lebih omdo?
    Dan satu lg, bro blackisred ini tipikal org Indonesia bgt yg bikin ni bangsa gak maju2? Anggun C sasmi meninggalkan negaranya sendiri? Loe kira2 gara2 apa? Ya gara2 org2 kyk elo ini yg gak bisa menghargai prestasi bangsa sendiri dan mensupportnya. Sekalinya ada anak bangsa yg bikin gebrakan (baca=agnes) bukannya didukung malah dijelek2in. Klo smua org indonesia bnyk yg kyk loe, gw rasa agnes jg bisa aja ambil jalan kyk anggun drpd di negerinya sendiri disia2in.. Well, you got that?

  7. realis mengatakan:

    smpet cari-cari referensi dikit nih, khusus yg non bhs indonesia :
    http://www.koreatimes.co.kr/www/news/art/2008/10/135_32160.html
    http://www.asianbite.com/default.asp?display=2040
    http://www.asianbite.com/default.asp?display=2131

    soalnya klo bhs indonesia nnti dituduh memihak…
    Hmm..btw kemarin BoA jg foto bareng agnes dan menyatakan kekagumannya pada agnes… just curious, apakh BoA jg mikir bhwa dia lebih baik dari agnes krn lebih perhatian pada budaya Korea seperti pendapat penulis diatas ya??

    quote :
    “coba bandingkan dengan seorang BoA… dia tetap jadi DiVA pop Korea, bahkan dia menjadi ikon Kore karena komitnya dia terhadap kebudayaan korea, dia tetap melek “musik dan life style barat” tapi dia tetap lupa ‘korea”,.. nuansa korea tetap hadir dalam warna musik dan busana dia.”

    Sy sih mo ikut support aja agnes, plg ga dia uda sukses go internasional n tanggapan luar negeri jg ckp bagus… biarin aj segmen pasar berbeda2, mungkin trend seperti kangen band, ST12 lebih laku di segmen Indonesia, yah..memang lagi jamannya kali…smntara si Agnes jg ada segmen sndiri.

    tarian bali nya bagus tuh, modif dari kecak jd dance modern (msh kurang mewakili Indonesia?). Btw klo penulis bisa kasih review yg lebih bagus ttg artis lain yg lebih “Indonesia” dan mendunia, mungkin jg bisa buat pertimbangan…. sy sih obyektif aja..trims

  8. Reda mengatakan:

    OH..Mau nambahin, kalo nggak salah Anggun itu ganti warga negara karena sbg warga negara indonesia dia susah untuk singgah ke beberapa negara, sedangkan dia itu kan singer yang bakal konser + promosi + lain sebagainya.
    Correct me if I’m wrong..

  9. Hendie... mengatakan:

    Penilaian orang beda-beda kali ya….budaya western kayaknya kita sebagai manusia bukan artis juga sehari–hari pake budaya western kok…pake t-shirt and jeans….dan ngomong kadang mix inggris-indonesia…menurut gue…kita tuh harus bisa menghargai hasil jerih payah orang kali ya…dengan performance di korea…untuk “shake it Off” dengan tarian Bali…makes me Wonder….that agnes bring Indonesia goes to International…is it rite…???Masalah Video Klip….kayaknya banyak artis Indonesia yang kibalatnya ke Western Juga…say like D’cinamons (Vokalisny) same with Alanis Morisette….Vokalis Garasi kayak Avril Lavigne Banget…Saint Loco ( kayak linkin Park)…..masih banyak lagi…wajar aja….kita terinfluence budaya western karena kita hidup di Globalization area…

  10. dini mengatakan:

    angnes kok aqhu cari foto dan kluarga g’ada
    maunya kamu tarok foto dan kluarga supaya orang tau klo orangtu mu yang membuat mu bengini
    nes supaya orang kagum ama kamu

  11. RiE_Nda_Hood ^_^ mengatakan:

    Agnes……..^_^………
    Lo keren bangget sumpah…….
    Secara gtu, kayanya lo ngga pnah hopeless or kliatan ngga semangat….!!!
    lo energic bangget……..
    Gmn si caranya biar jadi cewe’ hebat kaya lo ?

  12. ujji mengatakan:

    gini ya…lagian tiap orang juga punya ksalahan…kadang ngejilat ludah sndiri…ngaku deh,lo juga prnah kan!!

    plagiat plagiat! skrg liat artis artis indonesia, ada gitu yang asli ciptaan sndiri?? pasti ada pngaruh dri barat juga! oiya banyak juga yang bilang kalo lagu ciptaan agnes yg baru itu jiplakan!!!!heuh,cape juga ngejelasin ke orang2 tolol itu..skrg liat dehh lagu lagu di indonesia…pasti smua mirip mirip kok!gw jlasin y! MIRIP!! bukan ngejiplak…

    kinda hard to explain, but….

    GW TEGESIN….

    I am proud of Agnes Monica,..and i support her…

    Liat dong di Asia Song Festival, betapa dia menjunjung tinggi INDONESIA!!!

    kontribusi Lo buat indonesia apa hahhh???Jangan asal bunyi dongg!

  13. blackisred mengatakan:

    take a chiiiiiiillllllll guysssssss…….
    gw dah pernah bilang apa yang gw tulis adalah seorang agnez yang ada di mylandscapview gw!! gw mau nulis di blog gw urusan gw!! dan gw juga negasin “how can u be proud with people who not unDerSTAND what they thing, do, and said like Agnez yang cablak!!! lu sendiri bilang manusia mana ada yang gak pernah jilat ludahnya sendiri, tapi hobby?? NO Way MAN!!!
    semua yang dari asing/barat emang gak semuanya jelek, but itu gak menjadika semuanya kudu dipakai, semua yang ada disana modern dan lo harus punya …. justru orang2 seperti agnez inilah yang melanggengkan kebudayaan bobrok masuk ke Indonesia!!! gw cinta Indonesia setengah mati!!!
    apa yang pernah gw lakukan u/ Indonesia????
    apa Lo pernah ikut Demo Untuk menolak keberadaan Freeport yang ngabisin Emasnya Indonesia?? apa lo tau yang dilakukan oleh para spekulan asing terhadap perekonomian Indonesia?? apa lo ngerti??? klo gak ngerti gimana bisa bela Indonesia!! lha wong hobbynya nongkrong depan Tipi liat konsernya Agnez monika?? tetep yang gw liat dalam diri agnez monica (many more) adalah cinta yang komersil!!!! apa lo berani jamin klo nanti Indonesia di serang dia gak bakalan kabur ke Jepang?? Amerika?? ha???

  14. ujji mengatakan:

    whatever

  15. Johan mengatakan:

    BoA lebih bgus dari agnes dance n koreo nya.
    Di konser2ny agnes seringkali dancernya kaku2 gerakannya. kalo dance nya agnes si uda lumayan, tapi dancer nya bikin keliatan berantakan n kaya kurang latian gtu.

  16. nova mengatakan:

    km tu prety girl n very sweet. fm: Nova di Medan

  17. zee mengatakan:

    agnez q kgum

  18. lisna tanggih mengatakan:

    ya, gw sich antara ada N tiada…
    d sisi laen gw zalut bgt ma agnez tp d sisi laen gw juga mebenarkan comment klw dia itu “nyontek”
    tpi apapun yang terjadi, yang agnez is the bestlah….

  19. naomi mengatakan:

    apa yang agnes hasilkan dalam dunia entertainment,musik adalah hebat dan mendapatkan banyak penghrgaan sebagai bukti bahwa semua karya2 nya itu memang memukau.
    satu hal yang amat kukenal,totalitas agnes dalam berkarya,sehingga hasilnya ngak asal2 an.kalau masalah agnes sampai cuti akademik itukan keputusan yang baik sekali,karena untuk menghasilkan karya terbaik dibutuhkan totalitas,jangan tanggung-tanggung.Kalau sekarang dia membuat pilihan itu,mungkin itu yang terbaik buat dia.
    APAPUN YANG AGNES LAKUKAN HINGGA BISA SEPERTI SEKARANG,.

  20. aengg1eye mengatakan:

    u cool and the best

  21. Dhiarz Nez mengatakan:

    Agnes Monica Muljoto akhirnya gw bsa ksih comment,gw dr sd ampe krng kuliah cinta mati buangeeeeeeet ILOVE U SO MUCH AGNEZ Pkokny agnez lo harus maju truz jng dengerin orang2 yg bsa buat lo down tp jng tu2p mata buat kritik yg mbngun Go Internasional loe berhasil pkokny Nez klilingin dulu ASIA bru WESTERN OK Yuuuuuk mariiii….

  22. harleyna mengatakan:

    moga cepet sembuh iiiiiea kakinya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,keren abiiiiiiiiizzzzz dwech ferformance nya di season city,,,,,,,,,,,,,,,,,,,good luck,,,,,,,,,,,,,urs,,,,,,,

  23. Navre mengatakan:

    Pernyataan yang kontroversial memang..

  24. mozarella mengatakan:

    bwt sist and brur yang Fan(anatik) sama NEZ … yui gw menghargai pendapat lu semuwa, but inilah pendapat gw tentang Agnez. dan gw harap lu pada juga bisa ngehargain pendapat gw…. tengkyu all

  25. Lian mengatakan:

    yah org punya penilaian msng…nmanya jg manusia cin…gk da yg smpurna kan…da klebihan n kkurangan jg…gw hargai pndpat loe…tp gk hrs jlek2in dia kan gtu kan,,,
    itu hdup dia,biarin ja dia mau ngapain,,toh artis Indonesia bnyk yg lbh prah (dlm arti soal jati diri,n soal nyontek)drpd agmon, bahkan artis negara lain jg ada,jd klo agmon kayk gtu ya biasa…nmanya jg artis!!!!…yah sebagai WNI yg baik…gue bngga kok pnya Agnes…Dia yg bkin org2 Korea tau…klo Penyanyi Indonesia gk klh dr ngara laen

  26. JULIOT NABABAN mengatakan:

    HAI KAMU LAGI NGAPAIN

    • mozarella mengatakan:

      lagi ngeliatin komen2 kalian…..hohohoho yang doyan sama agnez ternyata lumayan banyak……….tapi masih banyakan orang miskin di Indonesia yang perlu di perhatikan ketimbang menjiplak dan meniru gaya (Style) orang lain…..

  27. syabila mengatakan:

    salam tuk smua…
    sungguh memprihatinkan ya..ternyata paradigma generasi saat ini hanya melihat dan menikmati hiburan2 yg hedonis apalagi yang jelas2 mengumbar gerakan (baca aurat) yg mestinya gk diperlihatkan di hdpn umum…apalagi dengan pakaian yg serba terlihat bnt tbh & lekukan wanita (baca naked) apa ini yang menjadi kebanggaan dan kalian elu-elukan? sunguh memilukan dan terlihat bgt degradasi moral generasi2 inidonesia spt ini…

    • mozarella mengatakan:

      bagh…….justru itu yang dijual kan hahahahaha……….

      COBA KALO AGNEZ PAKE BAJU KURUNG,,, LAKU GAK YA SUARANYA…..ITU KLO BENER ORANG SUKA SUARANYA…. hohohohoho

  28. nana mengatakan:

    Gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa cantiq ‘n smart abizzzz Agnez Monica,gua ngefans bwanget ma dya

  29. saveindazone mengatakan:

    gw mau tanya donk ke lo yg bikin nih blog…
    apa sih arti kebarat baratan bagi lo????
    n lo udh bener2 paham blm tentang artinya westernisasi????????
    kalo msh blm paham banget,mending gk usah aja deh bikin blog ttg agnes kaya gn..
    karna ngomongin agnes yg “nyontek” atau gk,sama aja kaya lo bahas ttg lebih dulu mana TELUR atau AYAM…
    Karna gk akan dpt jawabannya…jd nih yah,don’t be stupid guy..
    n 1 lagi,jng PERNAH membanding bandingkan agnes dng artis manapun even BOA sekalipun…
    n tentang agnes yg gk melestarikan budaya ???
    apa hanya karna dy suka ngomong pake bahasa inggris???
    salah besar lo..!!! itu namanya PINTER..bilang aja lo nya yg gk ngerti inggris..makanya gt..n kalopun dy berpikir kaya org barat,berarti bagus donk ada org INDONESIA yah minimal dy punya otak yg PINTER se PINTER org barat..!!! n yg ttg baju..lo tw kan yg namanya dunia tuh berputar?? begitu juga dng fashion..fashion juga berputar coy..jdnya yah lo gk mungkin donk harus pake baju yg itu itu aja???? karna fashion tuh banyak model…!!!!!!!!!!!! yah intinya si gw cm mw ingetin lagi…
    DON;T BE A STUPID GUY…!!!!!!!!!!!!!!!

  30. danny mengatakan:

    cayo . . . agnes ^^

    anw kita tuh seharusnya bangga ma agnes, , karena dy selalu bw nama indonesia, lu tw sendiri kan klu agnes tuh masih keturunan chines. . but she proud being child of indonesia. you can she when she sing in asia song festival.

  31. aini maniz mengatakan:

    semua org memiliki pendpt masing2 toh, so teman-teman tolong dihargailah usaha agnes keras n caranya sendiri tuk ngenalin budaya indonesia ke seluruh belahan dunia melahui music walaupun unsur budayax msh terblng sdkt tp aku yakin agnes mempunyai tujuan baik buat warga indonesia, jgn hanya melihat dr segi negatifnya saja but positifnya jg donk!!! kritik-kritikan pedas merupakan cabukan buat agnes untuk terus lbh baik lagi tp jgn hanya mengkritik kita jga harus intropeksi diri sendiri apakah slma ini kita sudah melakukan hal yang benar untuk indonesia?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s