AKTIVIS KALTENG GELAR AKSI SIMPATIK GEMPA SUMBAR

Posted: 2 Oktober, 2009 in Uncategorized
Tag:, ,

Aktivis mahasiswa di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah menggelar aksi simpatik berupa pengumpulan dana untuk korban gempa di Sumatra Barat, di Bundaran Besar, Jum’at.

”Aksi simpatik ini digelar dalam rangka solidaritas terhadap saudara sebangsa yang sedang tertimpa musibah gempa di Sumatra Barat” kata Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Palangkaraya (Unpar), Trisinto Cara.

Menurutnya aksi serupa telah sering dilakukan untuk membantu jika terjadi bencana yang akhir akhir ini terjadi di Indonesia, sebuah bentuk empati yang dapat dilakukan sesama saudara yang berada di provinsi lain.

Cara yang ditemui saat aksi solidaritas di Budaran Besar tersebut mengaku aksi ini digelar bersama dengan beberapa organisasi mahasiswa yang ada di Kalimantan Tengah, lintas fakultas dan lintas universitas.

Beberapa organisasi yang ikut menggelar aksi simpatik ini yakni,Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Kalteng, Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kalteng, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dan BEM Unpar.

Para aktivis mahasiswa yang terdiri dari berbagai elemen organisasi ini berdiri dipinggir jalan Bundaran Besar, yang dilewati banyak pengguna jalan sambil menyodorkan kotak amal untuk korban Sumbar.

Kotak amal yang disodorkan ke bagian jalan, diperuntukkan bagi pengguna jalan yang dengan suka rela membantu. Tak jarang ada kendaraan yang sengaja mampir untuk memberikan sumbangan uang sambil bertanya tanya dengan para mahasiswa tersebut.

Aksi yang baru dimulai ini telah berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 7 juta 780 ribu, menurut Cara aksi akan digelar hingga satu minggu kedepan, sehingga diharapkan dapat meringankan semaksimal mungkin beban para korban.

Meski sholat Jum’at dilaksanakan aksi terus dilanjutkan oleh para mahasiswa, dengan pergantian penjagaan oleh mahasiswa non muslim yang tidak melaksanakan ibadah sholat Jum’at.

Sementara aksi proaktif berupa terjun langsung ke masyarakat seperti di Bundaran Besar Kota Palangkaraya seperti ini, pihaknya juga membangun pos bantuan dimasing-masing kampus, kata Cara menambahkan.

Cara juga mengatakan bantuan akan di salurkan dalam bentuk dana tunai ke rekening-rekening bantuan untuk korban bencana Sumbar, hal ini dilakukan agar penyaluran lebih mudah dan tepat sasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s