BIG NO!! FOR NEO ORBA??

Posted: 24 Oktober, 2009 in black zone
Tag:, ,

2002925483872997962_rs

Orba ato Orde Baru jadi perbincangan lagi, huhu…..pengalaman dimasa orba memang punya posisi tersendiri dihati dan memori masyarakat Indonesia yang pernah hidup dan ngerasain “nikmatnya” pemerintahan Orba.  Bahkan seseorang yang lahir di tahun Orba (1967-1998) dianggap sebagai produk Orba, wew agak lebay nih…<—— artinya saya juga produk orba dunk??

isunya bahkan semakin menggejolak saat pelantikan Presiden Indonesia untuk masa pemerintahan yang kedua kalinya.  yoi ….. masyarakat tertentu khawatir kembalinya masa Orba??

pengalaman pahit dari pemerintahan di jaman Orba ini secara umum dirasakan oleh masyarakat miskin, level masyarakat menengah dan mahasiswa, kesalahannya yang paling legendaris adalah monopoli hak pilih saat pemilu, minimnya hak bicara bahkan untuk suara paling kecil sekalipun.

ya….klo saya  sih dengernya aja dah asem……gak kebayang bila masa sebagai mahasiswa yang jadi pengontrol, malah minim ngomong baik itu nasehatin para pejabat atawa cuman mau ngontrol kebijakan pemerintah…..berakhir di dalam kerangkeng….. amit amit dahhh.

gak usah rumit rumit mikirnya, konon apa yang dilakukan Orba seperti menekan adanya kritik masyarakat (sosial) atas kebijakannya adalah untuk melanggengkan kekuasaannya dan memuluskan jalan bagi kepentingan orang2 tertentu…. Tanpa bermaksud menyinggung golongan tertentu, ya…..Orba sangat lekat dengan satu partai tertentu yang hingga saat ini bahkan tidak ditinggalkan oleh orang2 setianya.

menurut saya yang punya pikiran sederhana ini, secara garis besar pemerintahan yang diterapkan sewaktu masa Orba  masih keluarganya pemerintahan  otoriter, yang menjajah (Imperialisme) rakyat memalui kekuasaan untuk kekayaan dan kejayaannya pribadi dan golongan, pemerintahan yang otoriter imperialis ini bisa saja terjadi pada masa pemerintahan manapun di seluruh sudut dunia.

bangsa Indonesia punya pengalaman pahit sepanjang menyangkut imperialisme, kalo dulu yang menjajah para bule atau negara asing, dengan segala perangkat hukum yang menyengsarakan hidup rakyat Indonesia dengan memotong hak hidup layak para pribumi. makan susah, hidup susah, sekolah gak boleh, bagh…..mana ada yang betah digituin??

tapi sekarang juga sama aja, hidup susah, makan susah, sekolah susah,  gak ada bedanya!! bedanya yang jadi pemerintahnya bukan lagi negara asing melainkan anak Indonesia sendiri. ini kali ya yang disebut sebagai penjajahan dalam bentuk baru, neo imperialisme .

agh ogah ah…….soalnya susah juga, mau merdeka?? lha dijajah sama bangsa sendiri, bukannya bersatu malah pecah nantinya…..pokonya tolak Neo Imperialisme tolak neo Orba….

sekolah gratis, kuliah gratis, makan gratis, hidup gratis……ke syurga aje kalee

Komentar
  1. Kakaakin mengatakan:

    Hehe… di blog kawan ada yang nulis bahwa sekarang ini sedang berlangsung euforia si biru… Mudah2an bukannya balik ke model pemerintahan orba ya…
    Bangsa kita juga tambah susah sekarang dengan adanya ujian bencana dari Allah…

  2. mozarella mengatakan:

    yoi…….jaman canggih begini justru yang paling subur kayaknya imperialisme….
    klo indonesia balik lagi ke jaman itu, kesannya bodo amat huhuhu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s